Kamis, 06 Januari 2011

Fungsi bahasa bagi kehidupan manusia



Mengapa manusia menciptakan bahasa? Dan kenapa juga bahasa di dunia ini beraneka ragam?. Manusia merupakan mahkluk ciptaan tuhan yang paling sempurna (jangan tertawa, karena ini pertama kalinya aku berbicara bijak) manusia senantiasa mendayagunakan akal dan budinya untuk mempermudah hidupnya, menciptakan alat untuk bertahan hidup, menciptakan PS biar kita bisa maen game, menciptakan TV biar kita bisa nonton anime, menciptakan PC biar kita bisa menyelesaikan tugas dengan cepat. Dan seriring dengan perkembangan itu manusia juga menciptakan bahasa, yang terus berkembang dari generasi ke generasi.

Mungkin selama ini kita sering menganggap atau kurang memperhatikan betapa pentingnya bahasa. Hal itu akan kita sadari kalau kita sudah menemui jalan buntu, tidak bisa menggunakan bahasa, atau mungkin tdak mengerti bahasa asing, karena bukan bahasa kita. Sama seperti yang aku rasakan, merasa bodoh dalam berbahasa, karena kesalahan terbesar aku adalah kurang memperhatikan arti penting dari apa itu bahasa. Coba saja aku sedikit meluangkan waktu untuk memahami arti penting dari bahasa, dengan bagitu kan akan termotivasi untuk lebih dan lebih mendalami apa yang namanya bahasa jepang (hehe).

Menurut Larry L. Barker bahasa mempunyai tiga fungsi: penamaan, interaksi, dan transmisi informasi.
  1. Penamaan atau penjulukan merujuk pada usaha mengidentifikasikan objek, tindakan, atau orang dengan menyebut namanya sehingga dapat dirujuk dalam komunikasi.
  2. Fungsi interaksi menekankan berbagi gagasan dan emosi, yang dapat mengundang simpati dan pengertian atau kemarahan dan kebingungan.
  3. Melalui bahasa, informasi dapat disampaikan kepada orang lain, inilah yang disebut fungsi transmisi dari bahasa. Keistimewaan bahasa sebagai fungsi transmisi informasi yang lintas-waktu, dengan menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, memungkinkan kesinambungan budaya dan tradisi kita.

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu kalian, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 | free | Por Templates para Você