Jumat, 28 Januari 2011

UNAS??,nyontek??(wajib)




Tulisan ini aku dedikasi’in buat temen-temen yang mau menghadapi susahnya ujian nasional, untungnya bukan ujian internasional ,,, hahaha kalau sampai ada, ya buyar. Dari judul di atas sudah dapat di pastikan 90% dari pembaca langsung menyimpulkan bahwa aku seorang pecontek. Gak terlalu sih (asli sumpah gak bo’ong, kalau gak percaya Tanya aja sama temen-temen SMAku), aku bukan seorang pecontek, tapi aku juga bukan seorang manusia dengan segala kesempurnaannya. Mencontek itu buruk (katanya), emang bener , aku udah Tanya ke temenku anak jurusan psikolog. Kata temenku itu mencontek itu secara nggak langsung akan berdampak negatif pada pribadi, tapi juga akan berdamapak POSITIF untuk umum. Jadi buat kalian yang suka nyontek, kalian gak sepenuhnya salah, juga gak sepenuhnya benar, tinggal sikap kalian sendiri mau MENDOMINASIKANNYA ke yang baik atau ke yang salah (saran ke yang baik aja yah). Untuk dampak negatifnya adalah secara tidak langsung mencontek membuat kita malas belajar(SECARA TIDAK LANGSUNG, jadi kalian bisa saja tetap semangat belajar walaupun kalian sering nyontek, tergantung dari konsep diri kalian sendiri), mempengaruhi tingkat percaya diri, dan membuat kita akan mengesampinkan tanggung jawab dan akan sulit berhasil menggapai sesuatu sendiri. Ada saat di mana kalian nanti akan merasa benar-benar sendiri dan di saat itu kalian hanya bisa mngandalkan diri kalian sendiri (saat itu, yakinlah, ada juta’an orang yang ada di belakangmu dan mendukungmu, dan sebut namaku karena itu bisa menenangkanmu, hahai). Tapi , ada berjuta kata TAPI dalam pikiranku, tapi kita di dunia ini tidak hidup sendiri, tuhan menciptakan kita dari rahim ibu kita itu semua karena tuhan punya tujuan pasti untuk kita, dan salah satunya untuk bersosialisasi tentunya. Yups, mencontek secara nggak langsung membuat erat harmoni kita dengan sesame, apa salanya berbagi. Kita boleh menunjukan kejujuran kita, kita boleh menunjukan bahwa kita bagian dari orang beriman yang selalu jujur (wuszz..) bagian dari orang yang bertanggung jawab, bagian dari diri sendiri TAPI kita juga harus menunjukan bahwa kita bagian dari kelompok dan bagian dari umum, why? Untuk menjaga harmoni bersama tentunya,, inget kalian gak bisa hidup sendiri . mahluk social man. Pererat komunikasi kalian, karena komunikasi lah yang natinya akan tetap menjaga hubungan kalian, menjaga budaya kalian.


 

Terkesan banget yah agus nekenin kalian buat nyontek (hahaha, emang).
Buat yang mau UNAS, tetaplah semangat, jangan lupa untuk meminta ma’af pada allah swt, ibu kita, bapak kita, keluarga kita, temen kita, pacar kita(buat yang punya), guru kita. Jangan kecewa pada nilai kalian nantinya, itu yang kita bisa berarti itu yang kita dapat. Dan jadilah kalian orang yang berguna.
Thanks for read, suskses buat yang UNAS.

5 komentar:

  1. yups, setuju saya pikir juga keliru bahwa ada orang yang berpikir kita tidak akan sukses dengan meminta bantuan pada orang lain,karena kesuksesan adalah sesuatu yang jarang terjadi di saat saat vakum, menghargai dan mengakui bantuan dari orang lain akan membantu kita untuk berkembang, karena ada banyak orang yang seperti itu, salam kenal kawan, saya sangat suka dengan blog anda

    BalasHapus
  2. hahaha, yups, setuju saya , , thanks yah komennya, banyak orang yang bilang kita tidak akan sukses kalau kita ingin mendapatkan sesuatu tanpa kerja keras, tapi aku juga gak setuju, karena ada banyak orang sukses tanpa kerja keras, tapi kerja cerdas,, , ,

    BalasHapus
  3. Saya tidak setuju kalau ujian "nyontek", tapi saya setuju kalau dibilang bekerja sama, saling tolong menolong, yang tahu menolong yang tidak tahu, bekerja harus cerdas, tapi jangan sampai ketahuan pengawas, kalau ketahuan namanya tidak cerdas. Tapi kalau menyontek itu sama dengan mengambil properti orang lain apalagi jika tanpa ijin yang dicontek.

    BalasHapus
  4. thanks all,, komennya keren keren. . .

    BalasHapus

 
© 2009 | free | Por Templates para Você